Gemblong

Gemblong – Gemblong adalah jajanan tradisional masyarakat Indonesia,biasanya ditemui hanya di daerah daerah tertentu saja.Rasanya yang manis dan sedikit kenyal membuat gemblong menjadi cemilan yang nikmat dan menjadi teman yang pas untuk bersantai.

Cemilan yang banyak ditemui di pasar-pasar tradisional ini terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang dibentuk bulat kemudian digoreng. Setelah digoreng, kemudian dilapisi dengan larutan gula aren.Yang admin tahu,masih banyak masyarakat di sekitar daerah wisata Puncak Pass Bogor yang berjualan gemblong ini.

Di beberapa daerah, gemblong dikenal dengan nama yang berbeda. Seperti di Jawa Timur misalnya, panganan ini biasa disebut getas. Sedikit berbeda dengan gemblong yang menggunakan ketan putih, getas dibuat menggunakan ketan hitam.Meskipun gemblong sudah dikenal hampir seluruh masyarakat di nusantara, namun asal-usul nama dan dari mana kue ini berasal tidak ada yang mengetahui secara pasti. Namun ada beberapa pendapat masyarakat yang mengatakan nama gemblong diambil karena bentuknya yang bulat dan lonjong.

Nah jika anda ingin membuat sendiri tanpa harus mencari cari jajanan yang satu ini,admin berikan resep dan cara membuatnya ya,silahkan di simak dibawah ini.

Bahan Bahan

 

  • 200 gram tepung ketan putih
  • 100 gram kelapa parut
  • Sejumput garam
  • 150 ml santan (65 ml santan kara + air)
  • Bahan balutan :
  • 50 gram gula merah (disisir)
  • 50 gram gula pasir
  • 120 ml air
  • 1 lbr daun pandan

Bahan lain :Minyak goreng secukupnya

Cara Membuatnya

  1. Campur tepung ketan, kelapa parut dan garam tuang santan sedikit demi sedikit
  2. Aduk sampai tercampur rata sambil diuleni hingga kalis dan bisa dibentuk
  3. Bentuk oval utk ukuran sesuai selera aja
  4. Goreng dlm minyak panas pakai api sedang cenderung kecil hingga matang kecoklatan kmudian tiriskan
  5. Didihkan bahan balutan masukan jg daun pandannya
  6. Masak hingga berbuih dan mengental, masukan gemblong aduk2 hingga permukaan gemblong rata terbalut gula, matikan kompor aduk lagi hingga gula kering dan mengeras
  7. Gemblong siap disantap, yang tdk suka manis… gemblong yg sdh digoreng bisa lgsg dinikmati gurihnya
  8. Spy tdk cpt lumer gemblong bs disimpan dlm wadah tertutup dan taruh kulkas
  9. Wah akhirnya selesai dan kesampaian juga makan Gemblongnya 😀

Baca Juga:

 

 

http://www.daftarhewanmitos.web.id/ http://www.daftarnegaraterkuat.web.id/ http://www.jeniskopidunia.web.id/ https://www.duniamalamdimedan.web.id/ http://www.menumasakanindonesia.web.id/ https://www.daftarbankindonesia.web.id/ https://www.daftarrestoranindo.web.id/ https://www.daftarfaunaindonesia.web.id/ https://www.daftarfilmkorea.web.id/ https://www.daftarkulinerindonesia.web.id/ https://www.kulinernusantara.web.id/ https://www.tempatwisatadisumatera.web.id/ https://www.tempatwisatadiyogyakarta.web.id/