10 Tempat Makan Malam Enak di Pinggir Jalan Jakarta

jajajnan malam

10 Tempat Makan Malam Enak di Pinggir Jalan Jakarta – Siapa bilang sulit menemukan tempat makan enak dan murah di Jakarta? Memang untuk melakukan wisata kuliner malam di Jakarta kerap dianggap mahal. Padahal, tidak semuanya lho yang seperti itu.

Meskipun Jakarta terlahir sebagai kota metropolitan terbesar di Indonesia, ternyata daerah ini masih menyimpan kesederhanaan lho. Salah satu kesederhanaan Jakarta tercermin melalui wisata kuliner di pinggiran jalan.

Bahkan, ada lho tempat makan yang berdekatan dengan hotel terbaik di Jakarta. Bagi Anda yang sedang menginap di Jakarta untuk mengurus bisnis; tidak ada salahnya mampir ke tempat makan tersebut.

Lalu, di mana saja bisa menjumpai tempat makan dengan santapan lezat tersebut? Berikut 21 jajanan malam Jakarta yang dapat dikunjungi. Yuk, simak!

1. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
Lokasi utama yang terdapat di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Persis berada di jalan Sultan Iskandarsyah, nasi goreng yang satu ini sudah melegenda nama dan kisahnya. Tidak perlu khawatir sulit menemukan lokasi karena jika pada malam hari anda melewati jalan Sultan Iskandarsyah maka carilah parkiran berjejer yang padat dengan orang sedang menikmati menu nasi goreng kambing ini.

Nasi goreng Kebon Sirih ini memang selalu saja ramai oleh masyarakat yang ingin mengisi perutnya dengan berbagai pilihan makanan yang kaya akan rempah-rempah. Dan untuk menu andalan dari tempat makan ini pastinya nasi goreng kambing. Kentalnya bumbu serta variasi cita rasanya menyatu dengan gurihnya potongan daging kambing.

Resep turun temurun dan terjaga kualitasnya membuat menu ini jadi pilihan untuk mengenyangkan perut sekaligus menghangatkan badan. Potongan kambing yang berukuran besar dan acar kol timun pedas disampingnya membuat timbulnya keinginan bertambah.

Jika biasanya masakan yang memakai bahan utama kambing akan menimbulkan aroma ataupun rasa amis, maka lain halnya masakan di tempat ini. Aroma ataupun rasa amis tidak akan dirasakan lagi di masakan di tempat makan nasi goreng Kebon Sirih ini.

Dalam setiap suapan akan terasa bumbu serta rempah-rempah seperti kapulaga, kunyit, sereh dan juga lada. Minyak yang dipakai untuk menggoreng nasi bukanlah minyak goreng yang biasa kita gunakan, melainkan minyak samin. Inilah salah satu unsur yang membuat nasi goreng tersebut mempunyai rasa yang berbeda dengan nasi goreng pada umumnya. Buka dari pukul 5 sore sampai pukul 2 dini hari, setiap harinya terjual lebih dari 200 porsi nasi goreng.

2. Roti Bakar Eddy
Berdekatan dengan Masjid Al Azhar Kebayoran Baru, roti bakar Pak Eddy tak pernah sepi dari pembeli. Sejak pagi hingga malam hari, tempat duduk di sana selalu penuh, apalagi mengusung konsep outdoor membuat Roti Bakar Eddy selalu diminati.

Soal rasa, tempat makan ini bisa membuat ketagihan. Sebuah roti bakar dengan topping bervariasi, seperti cokelat, stroberi, keju, kornet, dan kacang. Istimewanya, roti tersebut merupakan hasil olahan sendiri. Dijamin renyah, bebas pengawet, serta terjaga kebersihannya.

Bagi anak muda yang ingin menghabiskan waktu malamnya sambil bercengkrama dengan teman-teman maka lokasi ini sangat sesuai. Walaupun sudah banyak cabangnya, namun lokasi yang berada di belakang masjid Al-Azhar Blok M tetap ramai. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan di tempat ini merupakan tempat tongkrongan yang nyaman dan ada tempat parkiran yang cukup luas yang membuat pengunjung leluasa.

Untuk harga dan kelezatan sudah tidak perlu diperdebatkan lagi. Banyaknya menu pilihan dari Roti Bakar hingga semua bentuk Indomie membuat kita bebas dalam memilih menu.

3. Sate Ayam Sambas
Kangen sate? kamu lagi disekitar Jaksel? kuliner malam Jakarta Selatan juga tidak ketinggalan menjadi rekomendasi buat kamu, mampir yuk ke daerah Sambas yang berada di kawasan Jaksel​ deh. Di sini ada banyak penjual sate legendaris yang sudah terkenal dengan sate​ yang enak. Ada sate campur, sate kulit, sate telur muda, sate ayam hingga sate kambing yang empuk juicy!

Para pedagang sate di Sambas tidak berjualan di rumah makan dengan tatanan meja dan kursi rapih. Tetapi hanya jajaran gerobak sate Madura dengan tenda plus kursi-kursi plastik dan meja kayu sederhana. Walaupun begitu, semua penjual sate di sini sudah punya pelanggan sendiri​.

Seporsi sate campur yang terdiri dari daging ayam, kulit ayam dan telur ayam muda tersaji hangat di meja kecil berbahan kayu yang tipis. Sate ayamnya disajikan dalam piring plastik. Gurih bakaran daging dan samba kacang langsung menguap. Gurih!​

Sate Ayam Sambas (lanjutan)
Satu porsi sate berisi 10 tusuk dengan aroma bakaran yang gurih dan siraman saus kacang yang kental. Sausnya terbuat dari kacang tumbuk, cabai dan bumbu lainnya ​dengan campuran sedikit kecap sehingga terasa gurih dengan sentuhan sedikit manis. Potongan daging ayam terasa empuk, disusul dengan beberapa potong kulit yang kenyal lembut​. Sekali kunyah, lemak panas di kulit ayam langsung meleleh di mulut.​

Telur ayam muda juga dibakar bersama daging ayam serta kulit dan dicampurkan dengan bumbu kacang. Bumbu kacang dengan sedikit jejak minyak. Sapuan bumbu kacangnya terasa mulus di mulut. Sate juga dipanggang agak kering, renyah di bagian luarnya. ​

Sedangkan untuk sate kambingnya disajikan bersama dengan potongan bawang merah, dan i​risan cabai rawit. Guyuran bumbu kecap berwarna hitam pekat yang membalut sate ​ini​. Rupanya sate kambing disajikan dengan gaya Solo atau Jawa Tengah tanpa saus kacang.​

​Aroma daging kambingnya tidak tajam dan dagingnya tebal serta empuk. Rasa manis yang berpadu dengan bumbu kecap cukup meresap. ​Sentuhan manis kecap terasa agak dominan. Sedikit berkurang setelah dipadukan​ cabai dan bawang merah yang renyah pedas.​

Bumbu kecapnya disajikan dengan irisan tomat, bawang merah, irisan cabai rawit lengkap dengan taburan bawang goreng. Rasa bumbu kecapnya lebih gurih dengan sedikit sentuhan rasa bawang putih yang sedap dan rasa segar karena dicampur dengan air​ jeruk limau.

4. Mie Ayam Rindu
Berlokasi persis di jalan minangkabau yang merupakan terusan dari jalan saharjo tebet Jakarta selatan. Dengan tempat seadaanya memang membuat kendaraan mobil susah untuk parkir. Namun semua itu terbayar saat kita disuguhkan dengan mie ayam dengan kualitas dan cara memasak super yang pernah saya rasakan. Lebih lagi sambal dan acar cabai yang disediakan bisa membuat rindu siapa saja yang sudah pernah mencobanya.

5. Gule Da’ul
Bagi yang ingin mencicipi gulai daging sapi terenak sejakarta maka tempat ini menjadi rekomedasinya. Berlokasi persis dibelakang Mal Gandaria City tempat ini sangat cocok bagi peminat kuah gulai yang kental dan daging sapi tanpa lemak serta kerupuk yang tidak dibatasi.

Gulai daging sapinya menggugah selera banget, warna kuah yang kuning kental dan potongan-potongan daging sapi yang lumayan banyak bikin ngeces langsung. Dan bentuknya memang tidak bohong, rasanya benar-benar enak. Ada berbagai jenis bumbu didalamnya sehingga rasanya benar-benar kaya, daging sapinya juga empuk.

6. Kuliner Malam Pecenongan
Ya, bisa dikatakan Pecenongan merupakan surganya kuliner malam di Jakarta. Tempat makan ini didominasi oleh warung-warung tenda dan mulai buka untuk para wisata kuliner malam Jakarta dari jam 5 sore hingga dini hari, karena tempat ini jika semakin malam maka akan semakin ramai yang berkunjung.

Meskipun hanya warung-warung tenda, namun harga makanan yang ada di kawasan Pecenongan ini tidak kalah mahalnya dengan harga makanan di mall-mall mewah. Untuk jenis makanan yang sangat sering dicari di Jalan Pecenongan ini ialah seafood, chinese food, martabak, dan beberapa menu lokal. Sejak mulai populer sebagai salah satu tempat wisata kuliner yang ada di Jakarta pada tahun 1970, Jalan Pecenongan ini sangat banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing.

Sangat mudah menemukan tempat makan ini. Letaknya sekitar 100 meter dari Halte Juanda. Sebuah gapura akan menjadi penanda bahwa Anda sudah tiba di lokasi kuliner Pecenongan. Jika diteruskan berjalan dari sini, Anda bisa menjumpai beberapa hotel mewah.

Sangat mudah menemukan tempat makan ini. Letaknya sekitar 100 meter dari Halte Juanda. Sebuah gapura akan menjadi penanda bahwa Anda sudah tiba di lokasi kuliner Pecenongan. Jika diteruskan berjalan dari sini, Anda bisa menjumpai beberapa hotel mewah.

7. Kwetiau Sapi 78 Mangga Besar
Penggemar kuliner ala chinese food bisa mampir ke Jalan Raya Mangga Besar. Sangat ramai ketika malam hari, nyaris tidak ada tempat duduk yang kosong. Kalau ingin cepat dilayani, Anda harus antre mulai sore hari.

Bertempat di pinggir Jalan Raya Mangga Besar, Kwetiau Sapi 78 Mangga Besar ini merupakan sebuah rumah makan yang sederhana tetapi menawarkan kwetiau sapi yang memang sudah sangat melegenda.

Selain menjual kwetiau yang memang menjadi menu andalannya, Kwetiau Sapi 78 Mangga Besar ini juga menawarkan mie serta bihun dengan beberapa pilihan isi, misalnya seperti seafood, sapi, ayam, sayur, dan lain sebagainya. Apabila anda bisa memilih tempat duduk, maka pilihlah tempat duduk pada bagian dekat pintu depan sebab tempat duduk di bagian dalam suasananya lebih terasa pengap.

8. Martabak Boss
Berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat, Martabak Boss ini menawarkan pengalaman makan martabak dengan sensasi serta rasa yang berbeda dari biasanya. Dari bentuk tokonya saja sudah bisa dibilang cukup unik, dengan bentuk mirip seperti kontainer kapal berwarna kuning serta bergambar karikatur.

Baca Juga : Jajanan Pasar Cocok Untuk Buka Puasa

Selain menawarkan martabak original misalnya saja seperti martabak manis serta martabak telor, ternyata Martabak Boss ini juga menawarkan martabak nutella, martabak skippy, martabak duren, martabak nanas, martabak ovomaltine, martabak toblerone, hingga dengan martabak pandan.

Meski harganya bisa dibilang cukup mahal, dan sebaiknya yang ingin menikmati Martabak Boss datang sebelum pukul 6 sore, sebab apabila sudah di atas waktu tersebut, maka antriannya akan mulai panjang sehingga harus menunggu hingga 1 jam untuk bisa menikmati martabak.

9. Gado-gado Bon Bin
Warung gado-gado ini sudah ada sejak tahun 1960. Pengelola sekaligus peracik santapannya adalah seorang nenek bernama Lanny. Meskipun berumur 80 tahun, Beliau masih energik dan aktif melayani pembeli. Kini, sang nenek didampingi putra dan asistennya.

Gado-gado Bon Bin ini bertempat di Jalan Cikini IV No. 5, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Salah satu tempat wisata kuliner yang cukup tua, dan hingga saat ini masih memiliki cita rasa enak. Jika umumnya kacang tanah untuk gado-gado digoreng, maka berbeda pula dengan kacang tanah untuk gado-gado di tempat ini yaitu disangrai. Dan tentu saja akan membuat sebuah sajian gado-gado dengan cita rasa yang sangat khas untuk kuliner wilayah Jakarta Pusat tersebut.

Keistimewaan lain dari gado-gado bon bin terletak pada olahan bumbu kacangnya. Kalau santapan sejenis menggunakan kacang biasa, Nenek Lanny justru memakai kacang Vietnam. Terang saja, menciptakan rasa gurih dan manis. Teksturnya lembut dengan warna pekat. Kalau sudah lezat begini, masih yakin tidak ketagihan?

Apabila anda kurang berselera dengan sajian menu gado-gado, maka anda juga dapat memesan makanan lainnya misalnya seperti ayam goreng, asinan, nasi remes serta lontong cap gomeh, lalu untuk minumannya anda dapat memilih menu yakni es shanghai, es cendol serta juga es kelapa muda. Mengapa tempat wisata kuliner yang ada di Jakarta Pusat ini dinamakan dengan Gado-gado Bon Bin? Sebab tempat rumah makannya ini berada di sekitar kebun binatang di kawasan tersebut pada tahun 1960an.

10. Warung Nagih
Warung Nagih merupakan salah satu tempat makan yang sangat diburu oleh para mahasiswa, pelajar serta pegawai kantor yang terdapat di Jalan Kapten Tendean, Kav. 41 Mampang, Jakarta Selatan. Hal tersebut disebabkan harga dari menu sajian di Warung Nagih ini sangatlah terjangkau serta sangat pas di kantong semua orang. Berbagai sajian roti bakar yang ada di Warung Nagih ini misalnya seperti roti bakar yang diberi topping keju serta roti bakar yang di atasnya terdapat coklat.

Selain itu, ada juga beberapa olahan indomie juga ada di sini dengan cara pengolahan yang pastinya sangatlah unik. Berbagai menu hidangan lainnya yang dapat anda nikmati misalnya seperti chicken wings, dimsum serta beberapa makanan lainnya. Di Warung Nagih tersebut juga ada berbagai varian minuman contohnya saja es teh thailand, es stroberi susu, es taro, kopi, cokelat serta masih banyak minuman lainnya yang bisa anda nikmati. Buka mulai dari jam setengah lima sore sampai jam 1 dini hari.

Nah itu dia rekomendasi tempat makan malam yang enak di pinggiran jalan Jakarta, gimana udah ada yang pernah kesana belum?

Jajanan Pasar Cocok Untuk Buka Puasa

Jajanan Pasar Cocok Untuk Buka Puasa – Saat bulan ramadhan seperti ini jajanan pasar menjadi salah satu takjul yang paling diincar oleh orang-orang yang ingin berbuka puasa.

Jajanan pasar terkadang menjadi pilihan banyak orang untuk berbuka puasa http://162.214.117.184/. Selain rasanya yang manis, porsi yang tidak terlalu banyak menjadi pilihan beberapa orang untuk menghindari makanan berat.

Jajanan Pasar Cocok Untuk Buka Puasa

Ada berbagai jajanan pasar yang biasa disajikan saat berbuka puasa, salah satunya jenis jajanan pasar dengan kuah gula merah yang menggoda. Berikut jajanan pasar dengan kuah gula merah yang cocok untuk berbuka puasa.

1. Bubur ketan hitam

Siapa yang tidak suka makanan yang satu ini? Bubur ketan hitam yang biasa dijual bersama bubur kacang hijau ini memang menjadi favorit banyak kalangan. Terkadang bubur ketan hitam disajikan hanya dengan kuah gula merah, namun bisa dipadukan dengan kuah santan.

Sajian ini bisa menjadi pilihan buat kamu yang tidak mau makan nasi saat berbuka puasa.

2. Lupis

Makanan bertekstur kenyal ini terbuat dari beras ketan putih. Jajanan pasar yang biasanya berbentuk segitiga atau bulat ini disajikan dengan parutan kelapa dan tak lupa kuah gula merah. Namun, kamu juga bisa mencampurnya dengan kuah santan untuk menambahkan rasa gurih di hidangan ini.

3. Biji salak

Siapa yang tidak tahu biji salak? Sajian yang berbentuk bulat berwarna cokelat ini memiliki tekstur kenyal. Disajikan bersama kuah gula merah yang manis dijamin menambah kenikmatan hidangan ini.

Jajanan ini terbuat dari tepung kanji dan ubi kuning. Kamu juga bisa memberi tambahan kuah santan di hidangan ini.

4. Bolu peca

Yang satu ini merupakan jajanan tradisional dari Sulawesi Selatan. Bolu berwarna cokelat ini memiliki tekstur seperti sponge cake. Bolu ini disajikan bersama dengan baluran kuah gula merah yang manis. Tak lupa teh tawar menambah kenikmatan sajian ini.

5. Bubur sumsum

Bubur yang terbuat dari tepung beras ini sangat sederhana namun mengenyangkan. Ada yang berwarna putih dan hijau. Terkadang, sajian ini juga dihidangkan bersama sagu mutiara berwarna merah muda. Siraman kuah gula merah di bubur sumsum ini dijamin bikin nagih! Tak lupa kuah santan kalau kalian ingin menambah rasa gurih di hidangan ini.

Jajanan Tradisonal yang Banyak Digemari Bule

Jajanan Tradisonal yang Banyak Digemari Bule – Mungkin anda sudah pernah membaca artikel serupa atau sejenis,tapi artikel ini berbeda karena sudah kami ambil dari sumber terpercaya , berikut jajanan tradisional yang banyak disukai oleh bule.

Jajanan Tradisonal yang Banyak Digemari Bule

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang kaya dalam segala hal, termasuk kuliner. Kuliner khas Indonesia sangat beragam. Bahkan, setiap daerah memiliki makanan khasnya yang berbeda-beda.

Gak selalu makanan berat, banyak pula jajanan tradisional yang ternyata amat disukai para turis asing alias bule. Bikin mereka betah berlama-lama di Indonesia, berikut sepuluh jajanan tradisional khas Indonesia yang paling disukai para bule.

1. Terbuat dari tepung ketan, klepon rasanya manis dan gurih. Isian gula merahnya memberi sensasi meletus dan lumer di mulut

2. Renyahnya keripik tempe ternyata juga digandrungi turis asing. Terbuat dari irisan tempe tipis yang digoreng dengan adonan tepung, bawang putih, dan ketumbar

3. Onde-onde jadi jajanan tradisional yang masih eksis hingga sekarang. Berasal dari Mojokerto, Jawa Timur, kue basah ini berisi kacang hijau dengan lapisan tepung dan biji wijen

4. Disebut pancake khas Indonesia, gak sulit bagi bule untuk jatuh cinta dengan surabi. Biasanya surabi disajikan dengan kuah kinca dari gula aren, manis dan gurihnya pas

5. Panada asal Manado berbentuk mirip pastel, tapi isiannya berupa ikan tuna parut yang dibumbui daun kemangi dan daun bawang

6. Terbuat dari susu dan adonan tepung, kue cubit rasanya manis dan lumer di mulut. Kue khas Betawi ini biasanya diberi berbagai topping, seperti keju, meses, atau remahan biskuit

Baca Juga:Resep Jajanan Zaman Now yang Bikin Ngiler

7. Rasa getuk yang manis dan gurih juga disukai bule, lho. Makanan khas Jawa ini dibuat dengan cara dikukus, lalu ditaburi gula aren dan kelapa parut, enak banget!

8. Bika ambon rasanya manis dan gurih dengan tekstur kenyal menggoyang lidah. Kue khas Medan ini dibuat dari tepung tapioka, gula, ragi, dan santan

9. Lemper terbuat dari beras ketan yang berisi irisan daging sapi atau ayam. Bungkusan daun pisangnya membuat kue ini beraroma lebih sedap, deh

10. Cireng atau aci digoreng sudah sangat populer di Indonesia, teksturnya renyah dan kenyal. Biar makin sedap, cireng biasanya disajikan dengan bumbu rujak

Resep Jajanan Zaman Now yang Bikin Ngiler

Resep Jajanan Zaman Now yang Bikin Ngiler

Resep Jajanan Zaman Now yang Bikin Ngiler – Setelah melewati beberapa tahap proses dalam penyaringan,akhirnya kami dapat menyempurnakan artikel yang sudah kami kumpulkan dengan data-data dari sumber yang terpercaya mengenai resep jajanan zaman now yang bikin ngiler.

Siapa sih yang tak doyan jajan? Sepertinya hampir tidak ada ya, dari anak-anak hingga orang dewasa semuanya menyukai jajanan. Nah kalau bosan dengan jajanan yang itu-itu saja coba deh jajan kekinian yang direkomendasikan resep aneka jajanan berikut ini!

Setiap tahun masyarakat terus mengembangkan kreasi dan inovasi kuliner di Indonesia. Tren yang ada saat ini menjadi panutan para pebisnis kuliner. Indonesia terkenal dengan beraneka ragam rasa makanan tradisional yang dapat dimodifikasi dengan makanan internasional.

Usaha di bidang kuliner banyak ditekuni oleh anak muda hingga para ibu dengan memadukan konsep tradisional, sederhana, dan murah meriah. Tak hanya itu mereka juga menggunakan nama-nama unik yang menarik perhatian konsumen.

Bola Ubi Kopong
Bahan yang digunakan

500 gram ubi kuning atau 700 gram ubi jalar
100 gram atau 200 gram tepung tapioka
4 atau 5 sendok makan gula pasir
2 atau 3 sendok makan baking powder
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

Cuci ubi, kemudian kukus hingga benar-benar matang. Tunggu sampai agak dingin, kemudian kupas kulitnya.
Haluskan ubi dengan memisahkan serat-seratnya setelah itu campurkan dengan tepung tapioka, gula pasir, dan baking powder.
Goreng adonan ubi yang sudah didinginkan dengan bentuk bulatan-bulatan berukuran sedang menggunakan minyak banyak dengan api kecil. Angkat dan tiriskan bola ubi yang sudah berwarna kuning kecokelatan.

Banana Nugget
Bahan Adonan

Lumatkan 5 buah pisang kepok
100 gram tepung terigu
1 sdm gula
1 butir telur
3 sdm susu kental manis
vanili secukupnya
175 gram keju parut
1/4 sdt garam
100 cc air

Pelapis:

maizena, larutkan dengan air secukupnya
tepung terigu secukupnya
tepung roti secukupnya

Cara Membuat :

Kukus hingga matang semua bahan adonan yang telah dicampur.
Potong adonan sesuai selera.
Baluri adonan dengan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit air.
Setelah itu baluri dengan tepung roti.
Goreng adonan setelah minyak dipanaskan hingga kecokelatan.
Sajikan dengan susu kental manis atau topping favorit lainnya.

Baca Juga:5 Fakta Pebisnis Royal Crepes Sukses

Seblak Kuah Mix
Bahan:

1 ons / lebih krupuk aci
1 lembar mie kuning
1 butir telur ayam
3 buah sosis ayam

Bumbu Halus

4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah cabe merah besar
5 buah cabe rawit (kalau suka pedas bisa ditambah, ya)
1 biji asam jawa matang
1/2 ruas jari kencur
1/2 buah tomat
Garam dan gula

Lakukan langkah-langkah berikut selama 20 menit

Rendam kerupuk aci dan mie selama 15 menit dengan air panas.
Haluskan semua bumbu.
Potong sosis dan orak arik telur ayam.
Masukkan semua bahan dan aduk rata setelah tumis bumbu hingga harum.
Tambahkan air (sesuai selera).
Tambahkan garam dan gula aduk hingga merata dan biarkan mendidih dengan sempurna.
Koreksi rasa, seblak dalam kondisi hangat bisa langsung dinikmati.

5 Fakta Pebisnis Royal Crepes Sukses

5 Fakta Pebisnis Royal Crepes Sukses – Pebisnis Kuliner Kaki Lima yang Sukses Punya 800 Gerobak pembuatan crepe. Bisnis kuliner di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Setiap tahun ada saja inovasi makanan baru yang ditawarkan untuk penikmatnya. Hal tersebut menjadikan banyak pengusaha yang tertarik untuk menjajal hal baru. Salah satunya adalah crepe yang dikenal sebagai makanan asal Eropa ini.

5 Fakta Pebisnis Royal Crepes Sukses
Salah satu produsen crepe yang kini sukses adalah Ferry Kurnia dengan produk Royal Crepes miliknya. Ia tidak memulai dengan begitu saja, lho. Banyak manis pahit kehidupan yang sudah dialaminya.

Disamping itu, Beliau juga mempunyai kegemaran dalam bermain judi joker bola di kesehariannya yang tidak banyak diketahui orang, selain mengasah pikiran, permainan hiburan ini dapat membantu merefreshing pikiran dalam mengolah usahanya tersebut

Simak kisah perjuangannya dalam lima fakta berikut ini:

5 Fakta Royal Crepes, Bisnis Kuliner Kaki Lima yang Sukses Punya 800 Gerobak

1.Pernah berbisnis percetakan namun gagal

Belum menjadi pengusaha sejati jika belum gagal, kalimat tersebut menjadi gambaran yang dialami Ferry sebelum memulai bisnis kuliner crepe. Ternyata lelaki yang satu ini dulunya juga merupakan seorang pebisnis dibidang percetakan.
Namun karena satu dan lain hal, peruntungannya tak berumur panjang, dan membuatnya harus menutup usahanya tersebut.

2.Mencoba bisnis crepe dengan modal Rp 600 ribu

Setelah bisnis percetakan bangkrut, Ferry dan istrinya iseng untuk membuat crepe. Ia mengaku bahwa diantara keduanya memang tidak pernah ada yang punya pengalaman di bidang kuliner.
Hal tersebut menjadikan proses pengembangan bisnis kulinernya agak lambat di awal. Ia harus bereksperimen membuat resep yang enak dan krispi saat dimakan. Makanan ini pertama kali ditawarkan tahun 2005 kepada para tetangganya, dengan modal awal Rp 600 ribu.

3.Tawarkan crepe dengan harga terjangkau

Setelah melakukan beberapa kali percobaan, Ferry berhasil menemukan resep crepe yang tipis sekaligus renyah. Hanya dua menu yang ditawarkannya saat itu, yakni keju dan cokelat.
Ia menawarkan harga murah untuk setiap pembelian crepe miliknya. Dengan uang Rp 2.000-4.000, pembeli sudah bisa membawa pulang makanan ini. Hal tersebut merupakan motivasi terbesarnya yakni membuat crepe bisa dinikmati semua kalangan dengan harga terjangkau.

Kini ia masih bisa mempertahankan bisnis kulinernya di rentang harga tersebut dengan tawaran menu yang lebih beragam. Ada 32 varian crepe yang bisa dipilih pelanggan.
Tak hanya itu, produk crepe miliknya memiliki ciri khas tersendiri yakni adonannya masih tetap kriuk walaupun dikonsumsi sehari setelah membeli. Berbeda dengan varian crepe yang lain, di mana adonan tentu akan menjadi lembek atau mengeras setelah terkena udara.

4.Berhasil membuka franchise bisnis 3 tahun berjalan

Setelah 3 tahun berjalan, ia banyak mengikuti pameran dan mencoba membuat konsep untuk peruntungan franchise. Semua usahanya kala itu berjalan baik, banyak mitra yang akhirnya bergabung dan bekerja sama dengannya untuk membesarkan bisnis crepe ini.

5.Kini bisa miliki 800 gerobak

Setelah berhasil dengan konsep yang diangkatnya, ia berani menawarkan paket yang beragam untuk setiap mitra yang bekerja sama. Mulai dari harga Rp 7–15 juta, kamu sudah bisa menjadi mitranya dalam membesarkan bisnis kuliner ini.
Harga yang ditawarkan tergolong murah, hal ini mendorong banyak mitra yang mau bekerjasama dengan Ferry. Ia sudah mendapatkan 800 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia.
Berkat kerja kerasnya, Ferry kini bisa meraup untung yang terbilang banyak. Setiap gerobak dan gerai bisa mendapat keuntungan mulai dari Rp 300 ribu per harinya.
Nah, itulah kisah inspiratif Ferry yang sukses dengan bisnis crepe-nya. Bagaimana dengan kamu, tertarik juga punya usaha sampingan sendiri?

Jajanan Kaki Lima Indonesia yang Mendunia

Jajanan Kaki Lima Indonesia yang Mendunia

Jajanan Kaki Lima Indonesia yang Mendunia –  Beberapa artikel yang akan kami berikan adalah artikel yang kami rangkum dari sumber terpercaya, berikut ini beberapa artikel yang membahas mengenai jajanan kaki lima indonesia yang mendunia.

Tak hanya populer di dalam negeri, beberapa kuliner dan jajanan khas Indonesia ini ternyata juga bisa dijumpai di beberapa negara lain. Bahkan di antaranya adalah jajanan khas yang biasa dijual di kaki lima.

Yup, makanan yang biasa dijual di pinggir jalan itu memang nggak kalah lezat dari resto. Nah, berikut brilio.net rangkum, aneka jajanan Indonesia yang biasa dijajakan di kaki lima kini naik kelas hingga mancanegara.

1. Batagor

Bakso tahu goreng atau yang kerap disingkat batagor, merupakan makanan asal Bandung yang telah mendunia. Padahal, makanan yang terbuat dari tahu diisi dengan adonan ikan tengiri ini biasa dijajakan di pinggir jalan dengan gerobak sederhana. Usaha batagor ‘Yoel’s’ di Kota Cimahi salah satunya. Produknya sudah diimpor sampai ke Amerika Serikat, Jepang, Hongkong, Taiwan, Qatar, Australia, dan Kanada.

Ketenaran penganan ini membuat salah satu resto Indonesia di kota Seattle, Amerika Serikat, juga menjual penganan ini. Menu batagor lezat juga sudah hadir di restoran Nusantara, Berlin, Jerman. Di New York, sebuah resto bernama Bali Nusa Indah juga menyajikan menu batagor

2. Penyetan

Di mana pun, menu satu ini selalu menjadi primadona. Terutama olahan ayam penyet. Mulai dari anak kuliahan hingga pekerja kantoran menyukainya. Makanan yang harganya cukup terjangkau ini rasanya bertambah lezat ketika dipadukan dengan sambal yang pedas. Enggak cuma jadi favorit orang Indonesia, penyetan juga sudah sampai mancanegara lho. Sebut saja, Ayam Penyet Ria yang sudah bertumbuh pesat di beberapa daerah di Indonesia dan mancanegara seperti Singapura, Malaysia, Australia dan Hongkong. Ada juga D’Penyetsz yang sudah mempunyai outlet di Malaysia, Brunei, dan Myanmar.

3. Kue pancong

Kue yang terbuat dari santan, tepung beras, kelapa ini termasuk kudapan khas nusantara yang mulai susah ditemukan. Penjualnya semakin terbatas. Padahal, rasa gurih asin dari parutan kelapa ditambah taburan gula pasir di atas kue ini bisa membuat orang ketagihan. Eits, kendati di Indonesia mulai jarang dilirik, kue khas Betawi ini rupanya populer di New York, Amerika Serikat lho. Adalah Nigel Sielegar, seorang pemuda Indonesia yang tinggal di New York yang memopulerkannya.

Dengan label Moon Man, Nigel menjual kue ini di acara festival maupun di gerai. Kue pancong Moon Man bahkan masuk ke daftar 100 makanan dan minuman terbaik di New York tahun 2017. Selain masuk daftar 100 makanan terbaik, kue pancong karya Nigel juga menjadi finalis Vandy Award 2017, kategori makanan pencuci mulut terbaik.

Baca Juga:Resep Jajanan Anak Mudah Dibuat

4. Sate

Siapa yang tak tahu sate? Bahkan mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengaku sangat menyukai olahan daging yang disusun dalam tusukan lidi ini. Menurut sejarah, pada akhir abad ke-19, sate telah menyeberangi selat Malaka menuju Malaysia, Singapura, dan Thailand, dibawa oleh perantau Jawa dan Madura yang mulai berdagang sate di negera tersebut. Bahkan sate ayam atau sate babi merupakan salah satu menu yang disajikan dalam hidangan Rijsttafel di Belanda.

Enggak heran, dalam jajak pendapat pembaca yang digelar oleh CNN pada pada tahun 2011 lalu, sate mendapat peringkat ke-14 sebagai makanan favorit dalam World’s 50 most delicious foods. Di Indonesia sendiri, jenis sate beraneka ragam. Sebut saja sate padang, sate kambing, sate klatak, sate lilit, sate kelinci, sate Ponorogo, sate buntel, dan masih banyak yang lainnya.

Resep Jajanan Anak Mudah Dibuat

Resep Jajanan Anak Mudah Dibuat – Berikut ini merupakan artikel yang berisi tentang resep jajanan anak mudah dibuat yang sudah dirangkum dari sumber terpercaya.

Resep Jajanan Anak Mudah Dibuat

1. Telur gulung.

Bahan-bahan:
– 2 butir telur
– 5 sdm air
– Kaldu bubuk (sejumput)
– Lada bubuk (sejumput)
– Tusuk sate secukupnya

Bahan-bahan:
1. Campurkan telur dengan air, lalu tambahkan kaldu bubuk dan lada.
2. Kocok lepas telur sampai berbusa.
3. Nyalakan kompor dan panaskan minyak yang banyak.
4. Goreng telur dalam minyak panas dengan api sedang, tuang telur agak tinggi.
5. Setelah telur dimasukkan, gulung segera dengan tusuk sate, lalu tiriskan.
6. Telur gulung siap dinimati.

2. Donat sate.

Bahan-bahan:
– 100 gr gula pasir
– 100 ml air dingin
– 11 gr ragi instan
– 1/2 sdt garam
– 200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
– 4 btr kuning telur
– 50 gr susu bubuk
– 500 gr tepung terigu protein tinggi
– 75 gr mentega
– Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng
– Tusuk sate secukupnya

Bahan topping:
– Whipped cream, secukupnya
– Meses warna-warni merah, hijau, kuning, secukupnya

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, dan ragi instan, aduk rata. Masukkan kentang halus, telur, dan air dingin, uleni hingga rata dan membentuk adonan.
2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis. Istirahatkan selama 15 menit.
3. Bagi adonan, masing-masing 10 gr, bulatkan. Diamkan lagi selama 20 menit, hingga mengembang.
4. Goreng adonan dalam minyak banyak dan bersih, dengan menggunakan api sedang sambil dibolak-balik, sampai matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan
5. Setelah dingin, lumuri dengan whipped cream dan taburi dengan meses warna-warni. Susun berselang-seling dengan tusuk sate.
6. Donat sate siap disajikan.

Baca Juga:Cara Sederhana Membuat Dessert Box

3. Cilok.

Bahan-bahan :
– 100 gr tepung terigu
– 75 gr tepung tapioka
– 75 gr daging ayam, cincang halus
– Air panas secukupnya
– Daun bawang cincang secukupnya
– Lada bubuk, garam dan gula secukupnya.
– Daun bawang, iris
– Kaldu ayam bubuk

Bahan untuk saus sambal:
– Cabe rawit sesuai selera
– 2 sdm saus tomat
– 3 buah cabai merah besar
– 5 siung bawang merah
– 2 siung bawang putih
– sedikit air
– garam, gula, kaldu ayam bubuk secukupnya

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, tepung tapioka, daun bawang dan daging ayam, tambahkan garam, gula, lada bubuk, dan kaldu ayam bubuk.
2. Siram dengan air panas, sambil diaduk menggunakan sendok kayu, bila adonan sudah bisa dipulung hentikan penuangan air.
3. Bentuk bulat adonan, lakukan sampai habis.
4. Didihkan air dalam panci, kemudian tambahkan sedikit minyak, lalu masukan cilok.
5. Masak sampai matang dan cilok mengapung, angkat dan sisihkan.
6. Untuk sausnya, haluskan semua bahan.
7. Tumis sampai harum, tambhkan sedikit air, garam, gula, kaldu ayam bubuk, dan saus sambal.
8. Siramkan saus diatas cilok.

Cara Sederhana Membuat Dessert Box

Cara Sederhana Membuat Dessert Box

Cara Sederhana Membuat Dessert Box – Berikut ini merupakan artikel yang membahas tentang cara mudah membuat dessert box sederhana.

Dessert box menjadi salah satu menu kekinian yang banyak dijual secara online di media sosial. Teksturnya yang lembut dan creamy memang menggugah selera.

Menu dessert ini biasanya disuguhkan dalam sebuah kotak plastik transparan yang nantinya didinginkan selama 8 jam. Sensasi rasa manis dan dinginnya adonan yang beradu di dalam mulut, bikin nggak bisa berhenti makan.

Menariknya lagi, dessert box termasuk kudapan manis yang bisa bertahan lama hingga beberapa hari. Biar hemat, mending bikin sendiri yuk dengan resep dessert cake yang satu ini.

1. Chocolate Dessert Box

Cara Membuat Dessert Box

Resep dessert box yang satu ini pasti sangat disukai oleh anak-anak karena rasanya yang manis. Di beberapa media sosial, dessert cake ini dijual dengan harga yang cukup menguras kantong.

Tapi, dengan rahasia cara membuat dessert box yang satu ini kamu bisa hemat, lho.

Bahan yang diperlukan:

1 kotak berukuran 20x20x10 cm
4 potong cake cokelat
8 keping biskuit cokelat

Bahan untuk lapisan satu:

100 gram dark choco
250 ml susu cair
1 bungkus agar-agar putih
2 putih telur ayam

Bahan untuk lapisan dua:

250 ml cream
100 gram dark choco

Bahan untuk membuat taburan:

50 gram white chocolate

Cara membuat Chocolate Dessert Box:

Susun cake chocolate di bagian paling bawah kotak yang telah disiapkan.
Lalu masukkan campuran lapisan satu di atasnya.
Masukkan ke dalam freezer.
Sambil menunggu lapisan satu membeku, campurkan bahan pada lapisan dua.
Keluarkan lapisan satu yang telah membeku dan tuang adonan di atasnya.
Masukkan kembali ke dalam sebuah freezer dan beri taburan white chocolate.
Bisa juga tambahkan buah cherry di atasnya.

Baca Juga:Resep Hotang Keju Kekinian Gampang

2. Durian Dessert Box

Resep Dessert Box Durian

Resep dessert cake yang satu ini mungkin sangatlah cocok untuk para pecinta durian. Bagi yang enggan makan buah beraroma tajam ini juga bisa mencobanya.

Tentu dengan perpaduan rasa cokelat sehingga rasa durian tidak akan terlalu terasa.

Bahan untuk membuat lapis pertama:

5 potong black forest cake

Bahan untuk membuat lapis kedua:

150 ml susu UHT
500 gram durian
3 sdm gula pasir
4 sdm tepung maizena

Bahan untuk membuat lapis ketiga:

250 ml susu cair
250 gram dark chocolate
1 sdm butter
1 sdm gula pasir

Cara membuat Durian Dessert Box:

Letakkan black forest cake jadi lapis paling bawah pada dessert box.
Untuk membuat lapisan yang kedua, bisa dengan mencampurkan susu UHT, buah durian, gula pasir, dan tepung maizena.
Setelah itu, tuang di atas lapis pertama.
Bekukan selama dua jam saja di freezer.
Untuk membuat lapis ketiga, caranya sama dengan membuat lapis kedua yaitu dengan cara mencampurkan semuanya menjadi satu.
Kemudian tuang di atas lapis ke dua.
Masukan ke freezer kembali dan dinginkan selama semalaman.
Agar lebih nikmat, sebaiknya santap saat masih beku.

 

Resep Hotang Keju Kekinian Gampang

Resep Hotang Keju Kekinian Gampang

Resep Hotang Keju Kekinian Gampang – Hotang merupakan jajanan yang konon berasal dari negri ginseng, jajanan ini cukup pupuler di Korea. Tidak hanya di korea, ternyata jajanan ini juga mendunia dan menjadi salah satu jajanan yang cukup populer di Indonesia.

Buat kalian yang suka dengan hottang ini, berikut resep mudah membuat hottang.

4 buah sosis
1 butir telur ayam
250gr keju mozarella
250gr kentang goreng instan
8 buah tusukan sate
5 sdm tepung terigu
2 sdm tepung maizena
250ml susu cair
1 sdt garam
1 sdt penyedap rasa
1 sdt lada
Saus sambal/tomat dan mayonaise (bisa disesuaikan dengan selera)

Untuk membuat adonan tepung:
1. Ambil sebuah wadah untuk membuat adonan tepung
2. Campurkan tepung terigu, tepung maizena dan telur dengan susu cair
3. Setelah tercampur rata, beri sedikit garam dan penyedap rasa hingga rasanya pas dengan selera
4. Pindahkan adonan tepung ke dalam gelas, hal ini dilakukan agar sosis lebih mudah dibalut nantinya

Baca Juga: Resep Jajanan Keju Mozzarella Kreasi Ala Home Made

Proses pembuatannya:
Setelah tepung pembalut sosis selesai dibuat, sekarang kita hanya perlu menyatukan semua bahan menjadi satu. Dengan cara :

1. Potong sosis dan keju
2. Tusuk sosis dan keju secara berseling menggunakan tusukan sate
3. Celupkan sosis ke dalam gelas yang sudah berisi adonan tepung tadi
4. Tiriskan hingga adonan tidak menetes, kemudian balut sosis dengan potongan kentang goreng
5. Lakukan hingga semua sosis habis
6. Goreng hottang ke dalam minyak panas menggunakan teknik deep fry
7. Setelah bewarna cokelat keemasan, angkat dan tiriskan
8. Hottang siap dihidangkan!

Resep Jajanan Keju Mozzarella Kreasi Ala Home Made

Resep-Jajanan-Keju-Mozzarella-Kreasi-Ala-Home-Made

resepanekajajanan – Keju mozzarella adalah keju Italia yang dibuat dengan cara diputar dan dipotong, karena dalam bahasa Italia, mozzare berarti memotong. Keju ini dibuat dari susu sapi ataupun susu kerbau. Mozzarella di bufala dibuat dari susu kerbau, sementara mozzarella fior di latte dibuat dari susu sapi yang di pasteurisasi. Makanan keju mozzarella sangat populer dijadikan bahan pelengkap makanan. Selain enak, sensasi melar saat dimakan bikin banyak orang menyukainya. Banyak makanan yang semakin nikmat dipadukan dengan keju asal Italia ini.

Berikut beberapa resep jajanan Keju mozzarella yang bisa kamu coba di rumah.

1. Stik mozzarella

Bahan-bahan:

  • 150 gram keju mozzarella
  • 2 butir telur ayam
  • 4 sendok makan tepung terigu
  • 15 sendok makan cornflakes
  • ¼ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh lada

Cara membuat:

  1. Potong keju mozzarella seukuruan stik memanjang.
  2. Campur tepung dengan garam dan lada, aduk rata.
  3. Hancurkan cornflakes hingga menjadi serpihan kecil.
  4. Kocok lepas telur di mangkuk.
  5. Balur keju dengan tepung, celupkan ke telur dan cornflakes. Celupkan lagi ke telur, lalu balur dengan cornflakes untuk kedua kalinya.
  6. Masukkan stik mozzarella ke dalam freezer hingga beku.
  7. Panaskan minyak dalam wajan, goreng stik mozzarella hingga agak kecokelatan.
  8. Angkat dan tiriskan.

2. Kroket kentang mozzarella

Kroket-kentang-mozzarella

Bahan-bahan:

  • 1 kg kentang
  • 3 sendok makan susu bubuk
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • garam dan gula secukupnya
  • keju mozzarella secukupnya, potong-potong

Bahan celup dan pelapis:

  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 30 ml air
  • tepung panir secukupnya

Cara membuat:

  1. Kukus kentang, goreng sebentar untuk mengurangi kadar air, haluskan selagi hangat.
  2. Campur kentang, susu, garam, gula, dan merica bubuk, aduk merata.
  3. Ambil adonan, bentuk dan isi keju. Bulatkan kembali, lakukan hingga adonan habis.
  4. Gulingkan adonan ke tepung terigu, celup ke telur dan tepung panir. Simpan di kulkas kurang lebih sejam supaya tepung panir melekat.
  5. Keluarkan kroket, goreng hingga tercelup minyak dengan api sedang. Goreng hingga kecokelatan.
  6. Kroket siap disantap.

Baca Juga : Cara Membuat Jajanan Brownies Kukus Ala Ruamahan

3. Nasi panggang mozzarella

Nasi-panggang-mozzarella

Bahan-bahan:

  • 6 centong nasi putih
  • 3 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • Daun bawang secukupnya
  • Daging asam secukupnya (bisa diganti lauk lainnya)
  • 1 butir telur
  • Keju cheddar parut sesuai selera
  • Keju mozzarella sesuai selera
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Pala secukupnya
  • cabai bubuk jika suka
  • Mentega untuk menumis dan olesan wadah
  • Wadah aluminium foil

Bahan saus:

  • Saus bolognese instan
  • Saus sambal

Bahan topping:

  • Keju cheddar sesuai selera
  • Keju mozzarella sesuai selera

Cara membuat:

  1. Goreng telur, orak-arik setelah matang, lalu sisihkan.
  2. Tumis daun bawang, bawang putih, bawang merah hingga harum.
  3. Masukkan garam, merica, pala, cabai bubuk, keju cheddar. Aduk hingga rata.
  4. Koreksi rasanya, kemudian matikan api dan sisihkan.
  5. Buat sausnya dengan mencampur bahan saus. Aduk rata, koreksi rasanya.
  6. Panaskan oven di suhu 160 derajat Celcius.
  7. Olesi wadah dengan mentega, masukkan nasi ke dalam wadah.
  8. Tuang saus di atas, taburi topping keju.
  9. Panggang hingga keju meleleh.

4. Waffle mozzarella

Waffle-mozzarella

Bahan-bahan:

  • 3 sendok makan tepung serbaguna
  • ½ sendok teh paprika (bisa diganti sejumput cabai rawit)
  • 225 gram keju mozzarella, potong-potong dengan ketebalan ½ cm
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • ½ cangkir remahan roti
  • Mentega secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan panggangan waffle, atur suhunya sedang.
  2. Di dalam wadah, campurkan tepung dengan paprika, aduk hingga rata.
  3. Ambil potongan keju, celupkan ke dalam tepung, telur, dan remahan roti.
  4. Oleskan mentega ke dalam panggangan waffle, lalu masukkan adonan keju.
  5. Masak hingga roti berubah warna menjadi cokelat keemasan.
  6. Ulangi langkah tersebut hingga keju habis.
  7. Sajikan selagi panas dengan toppping andalanmu.

5. Bola singkong mozarella

Bola-singkong-mozarella

Bahan-bahan:

  • 450 gram singkong
  • 2 butir telur ayam, dikocok lepas
  • 180 gram tepung roti
  • 200 gram keju mozarella, potong dadu
  • Garam sejumput
  • Minyak sayur

Cara Membuat:

  1. Rebus singkong dengan garam hingga empuk.
  2. Tiriskan singkong, buang seratnya, tumbuk sampai lembut.
  3. Bentuk singkong menjadi bola, pipihkan. Masukkan keju, bentuk bulat lagi.
  4. Celupkan adonan bola singkong pada kocokan telur. Balut dengan tepung roti.
  5. Panaskan minyak, goreng bola singkong sampai cokelat keemasan.
  6. Bola singkong siap disantap.

Itulah lima resep mudah membuat kreasi keju mozzarella yang enak. Bahannya mudah dicari dan gak perlu lama untuk memasaknya. Selamat mencoba!