3 Resep Jajanan Dari Roti Tawar

3-Resep-Jajanan-Dari-Roti-Tawar

resepanekajajanan – Bosen kan pasti kalo makan roti tawar yang gitu gitu aja. Pasti kalian jenuh, dimana ada roti tawar disitu pasti ada selai dan teman-temannya juga. Iya kan ? dan kalian berfikir kalo makan roti tawar itu pake selai atau mpeses dan mentega. Eiit..jangan berfikir gitu dulu, siapa bilang makan roti tawar harus dengan selai atau meses ?

Roti tawar juga bisa loh jadi camilan unik dan lebih enak kalo kamu bisa merubah si roti tawar ini jadi makanan yang spesial. Kaya gini nih beberapa contoh camilan unik berbahan dasar roti tawar yang bisa kamu bikin dirumah :

1. Roti Gulung Sosis Keju

sandwich-goreng-isi-sosis

 

 

 

 

 

 

Kamu bingung mau bikin camilan apa buat dirumah ? Kalo kamu punya simpanan roti tawar yang masih bisa dimakan bisa kamu langsung bikin nih,

Bahan-Bahan :

  • 5 lembar roti tawar tanpa kulit
  • 5 potong sosis, seduh dengan air mendidih, tiriskan
  • 5 lembar keju, masing-masing potong 2

Bahan Pencelup:

  • 3 butir telur
  • 1 sdm tepung terigu, aduk rata
  • Tepung roti secukupnya (untuk melumuri)
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Mengolah :

  • Ambil selembar roti tawar, letakkan keju dan sepotong sosis, kemudian gulung roti. Gunakan tusuk gigi untuk merekatkan.
  • Celupkan ke dalam bahan pencelup (adonan telur kocok tepung terigu), upayakan gulungan roti tidak terlepas, angkat.
  • Gulingkan ke dalam tepung panir (tepung roti).
  • Kepal-kepal agar tepung roti rekat merata.
  • Panaskan minyak cukup banyak, goreng roti isi sosis keju, sampai permukaannya kecokelatan. Angkat, tiriskan.
  • Siap dihidangkan.

2. Roti Gulung Pisang Coklat

roti-gulung-pisang-Coklat

 

 

 

 

 

Mungkin roti gulung pisang cokelat ini hanya dianggap sebagai camilan manis saja. Padahal, makanan ini cukup ampuh lho untuk menambah energi dan membuat perutmu kenyang dengan pas. Ini juga bisa kamu buat sebagai bekal kamu ke sekolah atau kampus.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 bungkus roti tawar, buang pinggirnya dan pipihkan
  • 8 buah pisang ambon
  • Meises cokelat secukupnya
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • Margarin secukupnya

Cara membuatnya:

  • Ambil 1 lembar roti tawar. Oleskan margarin sedikit saja. Letakkan 1 buah pisang di bagian ujungnya dan taburi meises secukupnya.
  • Gulung roti tawar tersebut. Rekatkan ujungnya dengan bantuan telur.
  • Celupkan roti gulung tersebut pada kocokan telur. Perhatikan jangan sampai terendam.
  • Panaskan minyak. Goreng roti gulung sampai kecokelatan. Tiriskan.
  • Sajikan bersama secangkir teh pasti akan terasa lebih nikmat.

Baca Juga : Beberapa Resep Sate Ala Angkringan

3. Roti Tawar Gulung Rendah Kalori. Buat kamu yang diet!

roti-rendah-kalori

 

 

 

 

 

Cocok nih buat kamu yang lagi diet hanya 130 kalori dan yang jelas bikinnya simpel banget dan udah bisa bikin perut kamu terasa kenyang…

Bahan-Bahan yang kamu butuhkan :

  • 4 lembar roti tawar gandum
  • 1 buahsosis siap makan
  • 1 buahwortel kukus
  • 1 buah siung bawang bombay
  • margarin oles untuk toast

Cara Membuatnya :

  •  Pipihkan rata roti tawar
  • Isi dengan potongan sosis bawang bombay dan irisan wortel
  • Toast di atas teflon anti lengket yang sudah diolesi margarin
  • Potong2 lalu sajikan dengan mayones dan saus

Nikmat banget pasti rasanya, apalagi kalo kamu makan sama segelas susu hmmm yummy banget deh ..

Beberapa Resep Sate Ala Angkringan

Beberapa-Resep-Sate-Ala-Angkringan

resepanekajajanan – Kalau sedang liburan ke Yogyakarta atau Solo, mengunjungi angkringan menjadi hal yang wajib. Tempat makan sederhana dengan berbagai menu ini memang paling diminati semua kalangan.

Harganya murah, makanannya enak, dan pilihannya banyak. Biasanya yang paling diminati adalah jenis sate-sateannya. Kalau pengin bikin sendiri, sebenarnya bisa kok. Simak resepnya di bawah ini ya!

1. Sate usus

sate-usus

 

 

 

 

 

 

Bahan-bahan:

  • 500 gram usus ayam
  • 2 liter air untuk merebus
  • 1 buah jeruk nipis, peras
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • Garam secukupnya
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt minyak wijen
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • Tusuk sate secukupnya

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 1 sdt ketumbar
  • 3 butir kemiri
  • 2 cm kunyit

Cara membuat:

  • Cuci bersih usus ayam kemudian lumuri perasan jeruk nipis selama 15 menit. Kemudian cuci kembali dan rebus selama 15 menit dengan daun salam, daun jeruk,
  • lengkuas, jahe, dan garam secukupnya.
  • Setelah 15 menit, angkat dan tiriskan usus. Cuci kembali di air mengalir. Sisihkan.
  • Haluskan bumbu halus dan tumis sampai harum, lalu masukkan usus ayam.
  • Masukkan kecap manis, gula, minyak wijen, saus tiram, dan garam secukupnya. Kemudian tuang air kira-kira 50 ml dan masak hingga air menyusut.
  • Jika sudah matang, angkat dan dinginkan. Tusukkan usus pada tusuk sate kemudian bakar atau dipanggang di teflon.

2. Sate telur puyuh

sate-telur-puyuh

 

 

 

 

 

 

Bahan-bahan:

  • 20 butir telur puyuh rebus, kupas
  • Air matang secukupnya
  • 1 ruas jari laos, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 1/2 sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 buah gula jawa disisir
  • 6 buah tusuk sate

Bumbu halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1/2 sdm ketumbar sangrai
  • 1 sdt garam

Cara membuat:

  • Pertama, haluskan bumbu halus.
  • Didihkan air secukupnya (kira-kira telur puyuh bisa terendam semuanya).
  • Masukkan bumbu halus, daun salam, laos, dan serai ke dalam rebusan air. Tambahkan kecap manis, garam, dan gula.
  • Masukkan telur puyuh rebus ke dalam rebusan sambil sesekali diaduk supaya bumbunya merata.
  • Masak hingga air menjadi sedikit dan warna telur kecokelatan.
  • Setelah itu, angkat dan biarkan telur dingin, lalu tusuk dengan tusuk sate.

Baca Juga : 5 Resep Kue Goreng Yang Enak Dan Nikmat

3. Sate keong

Sate keong

 

 

 

 

 

 

 

Bahan utama:

  • 1/4 kg keong sawah
  • Tusuk sate secukupnya

Bahan ungkep:

  • 4 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 1 lembar daun jeruk
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm gula merah sisir
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
  • 500 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan olesan:

  • 1 sdm minyak
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus sambal

Cara membuat:

  • Cuci bersih keong dengan air panas supaya lendirnya hilang.
  • Haluskan bawang merah dan bawang putih, kemudian siapkan semua bahan ungkep.
  • Panaskan wajan, lalu tuang sedikit minyak untuk menumis bawang merah dan bawang putih halus, lengkuas, daun jeruk sampai harum.
  • Setelah harum, masukkan air, kecap manis, gula merah, garam, lada dan penyedap.
  • Masukkan keong, tunggu sampai air menyusut dan bumbu meresap sempurna.
  • Jika keong berubah warna jadi kecokelatan, angkat dan dinginkan.
  • Tusuk keong kemudian siapkan teflon untuk memanggang.
  • Oleskan menggunakan bahan olesan dan panggang hingga matang sempurna.

4. Sate kikil

Sate-kikil

 

 

 

 

 

Bahan-bahan:

  • 400 gram kikil sapi rebus, potong dadu
  • 400 ml air
  • 1 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 mata asam jawa
  • Tusuk sate secukupnya

Bumbu halus:

  • 4 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt merica butir
  • 1 sdm gula merah
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  • Didihkan air bersama bumbu halus, daun salam, lengkuas, dan serai.
  • Tambahkan kecap manis dan asam jawa.
  • Kemudian masukkan potongan kikil rebus dan masak hingga air menyusut.
  • Setelah bumbu meresap dan air menyusut, angkat dan dinginkan.
  • Tusuk potongan kikil dengan tusuk sate.
  • Panggang sate kikil di atas teflon sampai kecokelatan kemudian sajikan.

Nah, itulah beberapa resep sate ala angkringan yang bisa kamu terapkan di rumah. Mau coba bikin yang mana dulu, nih?

5 Resep Kue Goreng Yang Enak Dan Nikmat

5-Resep-Kue-Goreng-Yang-Enak-Dan-Nikmat

resepanekajajanan – Nggak hanya pada pagi hari, camilan memang nikmat untuk dikonsumsi kapan saja. Dalam segala aktivitas camilan kerap hadir bersama secangkir teh untuk menemani dan menambah mood di kala semangat mulai menurun. Umumnya camilan tersaji dalam berbagai varian rasa seperti manis, gurih, dan asin.

Nah, jika kamu bosan hanya mengudap satu camilan saja, kamu bisa nih mencoba berbagai jenis kue goreng yang enak. Ya camilan kue goreng banyak dijajakan di warung jajanan tradisional dengan harga cukup terjangkau. Biasanya ada yang berbahan dari tepung ketan, kentang, terigu, singkong dan banyak lainnya.

Bagi kamu para pecinta camilan bisa banget nih coba mambuat camilan sendiri dengan berbagai bahan dan peralatan yang praktis. Selain rasanya bakal sesuai lidah kamu, aneka resep kue goreng ini juga sederhana lho cara membuatnya. Tentunya hanya dengan di goreng. Kamu hanya perlu menyiapkan peralatan seperti wajan, serokan dan sutil saja.

Kamu bisa menghidangkan aneka kue goreng ini untuk keluarga tercinta. Dijamin kudapan tersebut akan menggugah selera siapa pun yang menyantapnya.

1. Bola-bola singkong krispi.

bola-bola-singkong

 

 

 

 

 

 

Bahan:
– 500 gr singkong, potong, belah memanjang
– 700 ml air
– 1/2 sdt garam
– 2 sdm gula pasir
– 2 sdm susu bubuk
– 4 sdm keju parut
– 2 lembar daun pandan

Bahan pelapis:
– 2 buah putih telur
– tepung panir secukupnya

Cara membuat:
1. Rebus singkong dengan garam dan daun pandan sampai matang, tiriskan.
2. Selagi panas campur singkong dengan semua sisa bahan, (buang sumbu singkongnya) haluskan pakai ulekan yang dibungkus plastik, sampai halus dan tercampur rata.
3. Biarkan agak dingin kemudian bentuk bulat-bulat sesuai selera pakai dua sendok, sampai semua adonan habis.
4. Gulingkan adonan yang sudah dibentuk ke tepung panir dan sesekali padatkan dan bulatkan, lalu lapisi dengan putih telur sampai rata. Gulingkan lagi di tepung panir sampai rata. (Jadi 2x lapis tepung panir)
5. Panaskan minyak menggunakan api sedang, goreng bola-bola singkong sampai semua sisinya kering, angkat, tiriskan, sajikan hangat.

2. Donat kepang.

Donat-kepang

 

 

 

 

 

 

Bahan:
– 100 ml air suam-suam kuku
– 1/2 sdm ragi instan
– 1/2 sdm gula pasir
– 2 kuning telur
– 30 gr gula halus
– 250 gr terigu cakra
– 1 sdm susu bubuk
– 50 gr mentega
– pasta vanilla

Cara membuat:
1. Siapkan mangkok, beri ragi, gula, dan air hangat diamkan kurang lebih 5 menit, tunggu reaksinya. Jika tidak ada reaksi berbusa silahkan ganti yang baru
2. Kemudian masukkan gula pasir, kuning telur, garam dan pasta vanilla, aduk rata.
3. Masukkan susu bubuk dan terigu, uleni sebentar saja hingga menyatu.
4. Masukkan mentega, uleni sampai kalis elastis.
5. Istirahatkan adonan selama 30 menit sampai mengembang 2 kali lipat, sesuaikan dengan suhu.
6. Kempiskan adonan timbang per 50 gr
7. Bulat-bulatkan adonan hingga menghasilkan permukaan bulatan yang mulus.
8. Gilas adonan memanjang, kerat jadi tiga jangan sampai putus. Kepang
9. Siapkan loyang, taburi tepung tipis. Taruh roti kepang di loyang yang sudah bertabur tepung.
1o. Diamkan 5-10 menit sambil menyiapkan penggorengan. Goreng pada minyak yang sudah benar-benar panas dengan api kecil, sekali balik saja biar keluar white ringnya.
11. Sajikan dengan taburan gula halus.

3. Onde-onde kentang.

Onde-onde kentang.

 

 

 

 

 

Bahan kulit:
– 250 gr tepung ketan
– 35 gr tepung beras
50 gr kentang, kukus dan haluskan
– 125 gr gula pasir
– 1/4 sdt vanilli
– 1/2 sdt garam
– 200 ml air
– 100 gr wijen putih
– minyak goreng secukupnya

Bahan isian:
– 100 gr kacang hijau kupas, rendam 1 jam
– 60 gr gula pasir
– 1 helai daun pandan, simpulkan
– 100 ml santan
– 1/4 sdt garam

Cara membuat:
1. Kukus kacang hijau selama kurang lebih 20 menit. Angkat dan haluskan.
2. Tambahkan gula pasir, daun pandan, garam dan santan. Masak sambil diaduk hingga kalis. Angkat dan dinginkan.
3. Bulat-bulatkan adonan isi, saya timbang 10 gr per biji. Siap digunakan.
4. Campur kentang, tepung ketan, tepung beras, gula pasir, vanilli, dan garam. Aduk hingga rata.
5. Panaskan air, cukup hingga panas saja, tidak usah sampai mendidih.
6. Tuang air panas ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan bisa dipulung.
7. Buat bulatan-bulatan kecil, timbang 25 gr per biji. Sisihkan.
8. Pipihkan adonan kulit kemudian buat cekungan dan beri isian. Tutup rapat dan bulatkan kembali.
9. Celupkan ke dalam air dingin kemudian gulingkan ke wijen. Kepal-kepal perlahan supaya wijen menempel dan membentuk bulat. Lakukan hingga habis.
10. Panaskan minyak, goreng onde-onde dengan api kecil hingga mengapung dan berwarna kuning kecokelatan.
11. Angkat dan tiriskan.

Baca Juga : 5 Resep Jajanan Kekinian Khas Thailand Yang Terbaik

4. Gabin tape cokelat.

gabin-fla-coklat-foto-resep-utama

 

 

 

 

 

 

 

Bahan:
– 1 bungkus roti gabin
– 1/2 kg tape singkong
– 3 sendok terigu
– 1 bungkus susu kental manis
– 3 sendok gula
– cokelat batang secukupnya
– air secukupnya

Cara membuat:
1. Dalam wadah, haluskan tape singkong menggunakan garpu
2. Tambahkan terigu, gula pasir, dan susu kental manis. Aduk.
3 Tuangkan air lalu aduk hingga rata. Siapian wajan, masak adonan tape di atas api kecil hingga mengental dan meletup-letup
4. Masukkan cokelat batang, masak dan aduk sampai cokelat cair
5. Matikan api biarkan adonan tape dingin
6. Ambil satu kue gabin. Beri adonan tape di atasnya dan ratakan menggunakan sendok. Tumpuk atau tutup di atasnya dengan kue gabin lalu rapikan sisi-sisi pinggirannya.
7. Ulangi langkah ini hingga semua adonan habis.
8. Panaskan banyak minyak di atas wajan. Goreng gabin tape hingga berubah kecokelatan di kedua sisinya. Angkat dan tiriskan.
9. Gabin tape siap disantap.

5. Kroket kentang udang.

Bahan:
– 850 gr kentang
– 115 ml susu cair
– 55 gr terigu
– 1 sdm mentega
– 1 kuning telur
– gula, garam, merica, pala bubuk secukupnya
– 150 gr udang kupas, cincang kasar
– 5 bawang merah cincang halus
– 3 bawang putih cincang halus
– 1 batang seledri iris halus
– 1 sdm mentega untuk menumis
– minyak untuk menggoreng

Pelapis:
– Putih Telur
– Tepung roti

Cara membuat:
1. Kupas kentang, potong-potong kemudian goreng hingga matang. Haluskan selagi panas, beri sedikit garam merica, aduk rata. Sisihkan.
2. Panaskan mentega, tumis bawang hingga harum kecokelatan. Masukkan udang cincang bubuhi gula garam merica. Masak hingga udang matang. Sisihkan.
3. Masukkan susu cair dan margarin di panci, masak hingga mentega mencair dan mendidih beri secukupnya garam, merica dan pala bubuk.
Masukkan tepung aduk-aduk hingga tepung matang dan adonan kalis. Angkat. Masukkan ke dalam adonan kentang.
4. Aduk hingga tercampur rata. Masukkan kuning telur, daun seledri dan tumisan udang. Aduk hingga semua rata.
5. Ambil sesendok adonan. Bentuk sesuai selera.
6. Celup adonan ke putih telur kemudian ke tepung roti. Lakukan hingga habis. Simpan sebentar di kulkas.
7. Panaskan minyak dengan api sedang. Goreng kroket hingga keemasan. Sajikan hangat.

5 Resep Jajanan Kekinian Khas Thailand Yang Terbaik

5-Resep-Jajanan-Kekinian-Khas-Thailand-Yang-Terbaik

resepanekajajanan –  Mungkin kita orang Indonesia tidak asing dengan beberapa makanan khas Thailand yang ada di Indonesia. Belakangan ini, jajanan kekinian khas Thailand sedang ngetrend di dunia kuliner Indonesia lho..

Buat kamu yang ingin menikmati jajanan kekinian khas thailand yang unik ini, kamu nggak perlu repot – repot mencari dimana jajanan kekinian khas Thailand itu di jual, karena kamu bisa membuatnya sendiri lo . Tampa harus merogoh uang banyak untuk membeli bahan-bahan yang diperlukan.

Berikut 3 Resep Jajanan Kekinian Khas Thailand, Yang Bikin Siapapun Ketagihan :

1. Thai Tea

Bahan-bahan:

  • 1500 ml air
  • 50 gr daun teh hitam/ thai tea
  • 125 gr gula pasir
  • 200 ml susu evaporasi
  • 350 ml krimer/ susu kental manis putih
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus air bersama daun teh hingga mendidih.
  2. Matikan api, tutup panci. Biarkan selama 5 menit hingga berubah warna menjadi pekat.
  3. Saring teh, lalu tambahkan gula. Aduk rata, biarkan agak dingin.
  4. Campurkan kembali dengan susu evaporasi dan krimer atau susu kental manis. Aduk rata.
  5. Kocok dengan shaker dalam kondisi teh telah dingin hingga berbuih.

Sajikan bersama es batu. Thai Tea buatan kamu siap diminum. Selamat mencoba!

2. Mango Sticky Rice

Bahan – bahan :

  • 200 gram ketan putih (cuci bersih, rendam dalam air selama 30 menit – 1 jam)
  • 1 1/2 liter air (secukupnya)
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 buah mangga thailand atau mangga apa saja
  • 1 liter santan kental
  • 100 gram gula pasir

Cara Membuatnya :

  1. Kupas mangga, potong memanjang dan dinginkan dalam kulkas.
  2. Didihkan air. Masukkan ketan, garam, dan daun pandan. Aduk hingga air berkurang.
  3. Kukus ketan. Masak hingga ketan matang. Sisihkan.
  4. Masukkan santan dan gula ke panci. didihkan di atas api kecil dan aduk hingga gula larut. Dinginkan.
  5. Sajikan ketan, mangga dengan siraman santan

Baca Juga : 3 Resep Kue Jajanan Pasar dengan diparut kelapa

3. Durian Sticky Rice

Bahan-bahan :

  • 250 gr beras ketan putih, rendam 2 jam
  • 200 ml santan kental
  • 100 ml air
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • Wijen sangrai secukupnya
  • Pasta Durian (Aduk Rata):
  • 250 gram daging durian
  • 100 ml air matang

Saus:

  • 100 ml santan kental
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat :

  1. Saus: Campur santan kental, gula pasir, dan garam, aduk rata. Masak sebentar hingga mendidih, angkat dan sisihkan.
  2. Campur beras ketan dengan santan kental, air, gula pasir, dan garam, aduk rata.
  3. Masak hingga santan meresap, angkat.
  4. Kukus ketan hingga matang, angkat dan dinginkan. Sajikan ketan bersama pasta durian, saus, dan taburan wijen sangrai di atasnya.

Itu dia ke 3  resep jajanan khas Thailand yang saat ini sedang viral dan laris manis di Indonesia. Selain bisa kamu nikmati sendiri, kamu juga bisa menjadikan peluang bisnis lho… Yuk dicoba.

3 Resep Kue Jajanan Pasar dengan diparut kelapa

3 Resep Kue Jajanan Pasar dengan diparut kelapa

resepanekajajanan –  Berikut merupakan ulasan mengenai 5 resep kue jajanan pasar dengan diparut kelapa, mari simak artikel berikut…

Selain memiliki banyak manfaat, buah kelapa juga bisa dikreasikan menjadi beragam olahan, lho. Dari masakan, lauk-pauk hingga olahan kue, kelapa sangat cocok digunakan sebagai pelengkap.

Nah, berikut 3 resep kue jajanan pasar yang menggunakan bahan parutan kelapa. Coba dilihat deh, siapa tahu bisa kamu sontek dan praktikkan di rumah!

1. Kue lapis singkong

kue lapis singkong

 

 

 

 

 

Bahan-bahan:

  • 700 gram singkong parut
  • 200 ml santan sedang
  • 130 gram gula pasir5 gr agar-agar bubuk 1/4 sdt vanili bubuk
  • Pewarna makanan merah, kuning, hijau

Bahan topping, dikukus 10 menit:

  • 1/2 buah kelapa parut setengah tua
  • Garam sesuai selera
  • 1 lembar daun pandan, potong-potong

Cara membuat:

1. Campurkan gula pasir dan agar-agar bubuk dalam wadah hingga merata. Masukkan santan. Aduk lagi. Masukkan singkong parut dan vanili bubuk. Aduk lagi hingga rata.

2. Bagi adonan menjadi tiga bagian sama rata. Masing-masing berikan pewarna.

3. Alasi loyang dengan plastik yang dioles sedikit minyak. Tuang adonan hijau dalam loyang.

4. Masukkan dalam dandang yang sudah dipanaskan sebelumnya. Kukus sekitar 10 menit. Tuang lagi adonan kuning, kukus lagi 10 menit. Terakhir tuang adonan merah dan kukus 20 menit atau hingga matang.

5. Keluarkan kue dari loyang, potong-potong, dan taburi dengan topping. Sajikan.

2. Kue mendut

kue mendut

 

 

 

 

 

 

Bahan-bahan:

  • 150 gram tepung ketan
  • 140 ml santan kental hangat
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 tetes pewarna hijau atau ungu sesuai selera

Bahan isian:

  • 100 gram kelapa parut kering
  • 50 ml santan kara
  • 150 ml air
  • 100 gram gula merah sisir halus
  • 1/4 sdt garam
  • Daun pandan sesuai selera

Cara membuat:

1. Campurkan semua bahan kering dan tuang santan sedikit demi sedikit hingga bisa dipulung. Beri pewarna dan aduk rata. Sisihkan.

2. Rebus dengan api kecil, air, santan, gula merah dan garam hingga larut. Masukkan kelapa parut kering dan daun pandan. Masak hingga air mengering tes rasa. Sisihkan.

3. Ambil adonan, bulatkan dan lubangi. Lalu, isi dengan adonan kelapa tadi di dalamnya dan bulatkan lagi. Ulangi hingga adonan habis.

4. Tata adonan di loyang atau wadah datar yang telah dialasi daun pisang dan diolesi minyak.

5. Kukus kue selama 15-20 menit. Kemudian, siapkan daun yang telah diolesi minyak, lalu, bungkus satu per satu setiap bulatan kue tersebut di dalamnya. Sajikan.

Baca Juga : Resep Mudah Membuat Elote

3. Kue rangi

kue rangi

 

 

 

 

 

 

Bahan-bahan:

  • 200 gram kelapa, parut kasar
  • 400 gr tepung sagu/tapioka
  • 1 sdt garam
  • 150 gr gula merah
  • 200 ml air
  • 5 sdm tepung sagu/tapioka, dicampur
  • Air secukupnya

Cara membuat:

1. Campurkan kelapa parut, tepung sagu dan garam. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Uleni adonan tidak perlu sampai halus.

2. Panaskan loyang tanpa minyak atau mentega.

3. Tuang adonan ke dalam cetakan. Tunggu. Angkat jika sudah matang.

4. Panaskan air di panci, masukkan gula merah aduk hingga rata.

5. Tuangkan air larutan tepung sagu sambil diaduk-aduk hingga mengental.

6. Olesi kue rangi segera dengan bumbu gula tadi. Sajikan.

Nah gimana guys kalian mau coba membuat yang mana dulu nih ? selamat mencoba…

Resep Mudah Membuat Elote

Resep Mudah Membuat Elote

resepanekajajanan –  Berikut merupakan ulasan mengenai Resep Mudah Membuat Elote.  Berikut simak ulasan terbaru dari kami…

Jagung seolah menjadi makanan pokok bagi orang Meksiko. Ada banyak olahan makanan khas Meksiko yang terbuat dari jagung. Salah satu jajanan favorit di Meksiko yakni elote. Elote sekilas seperti jagung bakar atau rebus biasa, ada beragam topping dan bumbu khas Meksiko yang menjadikannya berbeda. Street food asal Meksiko ini mudah banget untuk dibuat. Kamu juga bisa membuatnya sebagai camilan dengan banyak varian.

Mau menjadikan elote sebagai camilan di rumah? Berikut ini resep elote yang bisa kamu sontek.

1. Bahan yang perlu dipersiapkan

Bahan utama yang perlu kamu siapkan sebelum membuat elote, yaitu:

  • 4 tongkol jagung
  • 1/4 cangkir mayonaise
  • 1/2 cangkir keju cotija parut. Bisa menggunakan keju feta atau parmesan sebagai pengganti
  • 1 buah jeruk nipis, potong jadi empat bagian
  • Bubuk cabai
  • Saus pedas
  • Tusuk jagung
  • Kalau ingin varian lain, kamu bisa menggunakan mentega. Sedangkan untuk topping-nya kamu bisa menambahkan cheetos atau keripik beragam rasa yang telah dihaluskan.

Biasanya orang-orang Meksiko akan menggunakan bubuk ancho chili, bubuk dari cabai murni yang dikeringkan tanpa campuran apapun. Biasanya cabai poblano kering yang sering digunakan dalam masakan khas Meksiko. Selain itu, daun bay juga dijadikan topping untuk menambah aroma makanan.

2. Bisa direbus, dikukus, atau dibakar

Pembuatan elote bisa dilakukan dengan merebus, mengukus, maupun membakar jagung. Kamu bisa memilih sesuai selera. Jika ingin merebusnya, tambahkan sedikit garam pada air rebusan. Kemudian rebus jagung hingga matang dan tusuk dengan bambu atau penusuk jagung lainnya.

Sedangkan untuk jagung yang dikukus, pastikan kamu sudah mengupas kulit dan membersihkan rambut jagung. Kalau kamu suka dengan jagung bakar, enggak ada salahnya membuat elote dari jagung bakar. Biarkan agak dingin sebelum diolesi mentega atau mayones.

3. Olesi dengan mayones dan beri perasan jeruk nipis

Baca Juga : Kreasi Resep Minuman Jelly yang Menyegarkan

Setelah agak dingin, olesi setiap tongkol jagung dengan mayonaise atau mentega. Kalau kamu suka pedas, olesi lagi dengan saus pedas. Lebih baik menggunakan kuas supaya merata. Peras irisan jeruk nipis di atas setiap tongkol jagung. Sudah terbayang rasa manis jagung, asamnya jeruk, dan pedasnya saus?

4. Taburi topping sesuai selera

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kamu bisa memilih topping sesuai selera. Tapi, keju dan bubuk cabai merupakan topping wajib pada pembuatan elote. Jika menggunakan keju cotija dan bubuk ancho chili, maka kamu akan menikmati elote dengan rasa asin yang kuat dan pedas yang autentik.

Kalau selera kamu berbeda, bisa memilih keju lain dan taburan bubuk cabai yang disesuaikan dengan lidahmu. Kamu juga bisa menambahkan cheetos dan keripik yang sudah dihaluskan. Kemudian sajikan dan nikmati bersama keluarga.

Nah, itulah tadi resep elote yang gampang banget untuk dibuat. Selain dalam bentuk jagung utuh, bisa juga menggunakan jagung serut. Tapi, orang-orang Meksiko justru lebih gemar dalam bentuk utuh.

Apakah kamu tertarik untuk membuat sendiri di rumah?

Kreasi Resep Minuman Jelly yang Menyegarkan

Kreasi Resep Minuman Jelly yang Menyegarkan

resepanekajajanan –  Berikut merupakan ulasan tentang Kreasi Resep Minuman Jelly yang Menyegarkan. Penasaran kan?,  ayo simak ulasan berikut…

Belakangan hawa dan cuaca terasa begitu panas, ya gak? Rasanya pengin minum dingin dan segar-segar terus. Jangan dulu beli minuman segar atau es di luar, karena salah-salah malah bisa bikin kita sakit. Biar no worry, bikin kreasi resep minuman segar sendiri di rumah, yuk! Kamu bisa berkreasi dengan jelly melalui beberapa resep di bawah ini.

1. Es susu jelly

Es susu jelly

Bahan-bahan yang diperlukan:

-1 liter air
-1 liter susu cair full cream
-1 kaleng kental manis
-2 saset jeli bubuk plain
-es batu secukupnya

 

Cara membuat:

Tuang air ke dalam panci, lalu tambahkan jeli bubuk. Masak sambil diaduk-aduk.
Setelah itu, pindahkan ke dalam wadah, lalu diamkan hingga mengeras.
Selanjutnya rebus air hingga mendidih, lalu tuang susu cair. Masak sambil diaduk dengan api kecil.
Campur dengan kental manis, aduk-aduk sebentar, lalu matikan kompor. Tunggu hingga dingin.
Potong-potong jeli yang sudah mengeras, lalu sajikan dengan campuran susu dan es batu secukupnya ke dalam gelas.

2. Es mangga susu jelly

es mangga susu jelly

Bahan-bahan yang diperlukan:

-1 saset jeli bubuk rasa mangga
-2 saset minuman bubuk rasa mangga
-1 kaleng kental manis
-gula pasir secukupnya
-2 buah mangga harum manis, potong kotak
-1,5 liter air
-es batu secukupnya

 

Cara membuat:

Tuang air ke dalam panci, lalu masukkan bubuk jeli. Masak sesuai petunjuk di kemasan.
Setelah itu, pindahkan ke dalam wadah, lalu tunggu hingga mengeras. Setelah mengeras, potong-potong jeli sesuai selera, kemudian sisihkan.
Selanjutnya, campur dengan air, kental manis, dan gula pasir. Masak hingga gula larut.
Matikan kompor, lalu masukkan minuman bubuk, aduk merata dan diamkan dalam suhu ruangan.
Jika sudah dingin, masukan potongan jeli dan mangga. Sajikan dengan es batu atau simpan di dalam kulkas.

Baca Juga : Resep Perkedel Jagung Spesial Khusus

3. Es cokelat jelly

es cokelat jelly

Bahan-bahan yang diperlukan:

-100 gram susu milo bubuk
-1 bungkus jeli bubuk rasa cokelat
-500 ml air
-es batu secukupnya
-400 ml air
-75 gram gula pasir
-2 bungkus kopi instan

 

Cara membuat:

Tuang air ke dalam panci, lalu masukkan jeli bubuk, gula pasir, dan kopi instan. Masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
Setelah itu, angkat dan tuang ke dalam wadah dan biarkan mengeras. Setelah mengeras, parut kasar atau potong-potong jeli, lalu sisihkan.
Selanjutnya, seduh susu bubuk milo dengan air hangat, lalu aduk hingga rata.
Tuang ke dalam gelas saji, masukkan jeli dan es batu. Es cokelat jeli siap disajikan.

4. Teh tarik jelly

teh tarik jelly

Bahan-bahan yang diperlukan:

-500 ml susu cair full cream
-4 sdm teh hitam
-5 sdm gula pasir
-2 saset kental manis
-500 ml air
-1 bungkus jeli bubuk plain
-1/2 bungkus jeli bubuk cokelat

 

Cara membuat:

Tuang air ke dalam panci, lalu masukkan teh hitam. Masak hingga mendidih.
Setelah mendidih, angkat dan saring ke dalam gelas. Tambahkan gula pasir, lalu aduk hingga merata. Diamkan hingga dingin.
Selanjutnya, campur jeli bubuk plain, jeli bubuk cokelat, air, dan gula pasir. Setelah dimasak, pindahkan ke dalam wadah, lalu tunggu hingga dingin.
Setelah dingin, potong-potong atau serut jeli. Pindahkan ke dalam gelas, lalu campur dengan susu cair, kental manis, dan teh tarik.
Tambahkan es batu secukupnya, atau simpan di dalam kulkas.

Nah, itulah beberapa kreasi resep minuman jeli yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Caranya sangat mudah dan gak perlu bujet mahal. Sudah kebayang mau bikin yang mana dulu?

Pelajaran Akun Pertaruhan Joker123

Permainan pertaruhan merupakan main atau suguhan yang indah dan benar menguntungkan dimainkan, jika wajarnya permainan hanyalah untuk pengisi waktu luang saja namun permainan pada joker123 bukanlah seperti itu. Santapan judi dalam situs ini adalah suguhan penghasil uang jadi di setiap kali berjudi pasti pemain bisa memapah uang pulang. Jika judinya adalah pertaruhan umum yang ada pada medsos hasilnya tidak diantaranya judi website online.

Untuk merasakan kinerja judi berikut syarat pentingnya adalah akun judi, akun ini ialah sebuah tiket memasuki web judi. Maslahat akun demikian banyak maka dari itu banyak pun yang ingin mendapatkan account ini, tokoh offline pun sangat mengharapkan akun pertaruhan karena tokoh offline hanya dapat berjudi dengan akun tersebut. Kepentingan juga bukan saja dirasakan pemain atas akun itu tetapi web juga masuk merasakan manfaatnya.

Manfaat mula-mula dari akun ini ialah pemain nonblok memainkan bandar berapa kesempatan pun, benar2 untuk pemegang akun joker 123 ini tidak tahu dibatasi target berapa kali berjudinya. Sepanjang akunnya tetap aktif & ada saldo di dalam account tersebut maka situs tak akan menghalangi pemain berjudi. Karena diberikan kewibawaan bermain membuat pemain lebih leluasa dalam menentukan saat berjudinya.

Maslahat kedua ialah layanan web hanya hendak didapatkan bahwa akun berikut sudah terselip, situs dengan senang berkesinambungan akan melepaskan layanan berguna untuk pemain jika tokoh tersebut sudah biasa memegang akun judi. tokoh memang membutuhkan sekali layanan ini karena tidak selamanya permainan tersebut berjalan langkas pasti terdapat beberapa masalah yang dirasakan. Masalah-masalah itu memang tersedia yang mampu diselesaikan otonom oleh tokoh tetapi tersedia juga yang tidak dan yang bukan ini seharga selesainya secara layanan web.

Manfaat ketiga adalah akun adalah satu diantara syarat ekstra judi, bila ada yang mau dimudahkan berjudinya maka dapatkan bonus member. Karena bonus member inilah yang bisa menyampaikan lawan dan permainan yang memang setara dengan tokoh, jadi pemain tidak lengah berjudinya. Untuk dapat 1 buah bonus member joker123. net ini caranya adalah dengan punya account baru.

Kemudian pemain tak boleh daftar akun lagi setelah sebelumnya telah daftar member. joker 123 boleh daftar 1 akun dan itu malah seharusnya legal. Biasanya membikin 2 akun dengan tujuan apa malahan tidaklah diperbolehkan oleh bandar judi poker online. Oleh karena itu, supaya tak mendapatkan problem sebaiknya jangan membuat 2 akun bila telah memiliki salah satunya.

Nah, lazimnya untuk daftar akun semestinya punya rekening sendiri dan bandar poker akan meminta nomernya. Oleh sebab itu, persiapkan nomer rekening sebelum bermain judi poker karena akan dibutuhkan sekali untuk memasang taruhan judi poker. Pemain patut memakai nomer rekening sendiri sehingga bisa deposit dengan aman dan dapat menyetorkan deposit sebagaimana mestinya.

Terakhir yaitu pemain sepatutnya menjaga akun setelah berhasil daftar di bandar poker online. Oleh sebab itu, mestinya pemain selalu menjaga rahasia keamanan akun agar tak terjadi masalah yang bisa merugikan pemain itu sendiri. Jadi, itulah beberapa regulasi-regulasi daftar member yang mestinya diketahui dan dipahami oleh segala calon member bandar joker123 online.

Resep Untuk Membuat Salad Buah Segar

Resep Untuk Membuat Salad Buah Segar

Resepanekajajanan.web.id – Salad buah sehat, segar, dan melangsingkan. Diet merupakan cara sehat baik untuk menurunkan maupun menaikkan berat badan menggunakan metode pengaturan pola makan. Jadi, diet tidak selalu soal melangsingkan tubuh. Diet dengan pengaturan pola makannya tidak membuat Anda tidak boleh makan. Anda justru harus tetap makan karena tubuh membutuhkan nutrisi. Hanya saja, sumber nutrisi dalam diet ada yang diganti, ditambah, atau dikurangi. Untuk mengurangi berat badan, jumlah serat untuk menutrisi tubuhlah yang harus ditambah. Serat akan membantu tubuh kenyang lebih lama dan melancarkan pencernaan. Bahan makanan berseratnya yaitu sayur dan buah-buahan. Selain kaya akan serat, kedua bahan makanan tersebut juga mengandung vitamin dan mineral, serta rendah lemak.Sayangnya, banyak yang ingin langsing dengan cara yang sehat namun tidak menyukai buah atau sayuran. Oleh karena itu, pengolahan buah dan sayuran pun harus divariasikan agar rasanya lebih enak dan membuat Anda yang tidak menyukainya bisa lebih berselera untuk menikmatinya.

Salad, kreasi menu mengolah sayuran maupun buah-buahan segar yang dicampur dengan bahan makanan lainnya baik itu potongan daging ayam atau udang rebus dan kemudian diberi dressing seperti olive oil, keju, mayonnaise, perasan air lemon, yogurt, atau susu kental manis yang bisa membangkitkan selera makan Anda. Namun, dalam salad tetap sayur atau buah yang menjadi dominasi bahannya. Pada saat penyajian kesegarannya harus dipertahankan. Berikut ini adalah resep salad buah. Resep sehat salad buah ini cocok bagi Anda yang sedang diet menurunkan berat badan. Namun, sebagai salad, salad buah yang manis dan segar juga bisa dijadikan makanan pembuka.

Bahan Utama Membuat Salad Buah:
– 200 gram, buah apel segar. Cuci, kupas, dan potong-potong bentuk dadu. Agar warnanya tidak berubah menjadi cokelat, setelah dipotong segera masukan ke dalam air matang biasa atau air es.
– 200 gram, buah anggur segar. Bisa anggur merah, hitam, atau hijau. Cuci bersih, kemudian belah menjadi dua bagian.
– 200 gram, buah mangga segar. Disarankan menggunakan mangga harum manis yang legit dan manis dagingnya. Kupas dan potong bentuk dadu.
– 200 gram, buah strawberry besar dan segar. Cuci bersih, kemudian belah menjadi 2 atau 4 bagian.
– 200 gram, selada hijau Sobek atau potong-potong.
– Dressing:

Baca Juga : Resep Mudah Kroket Kentang Keju Ayam

Cara Membuat Salad Buah Segar:
1. Dinginkan terlebih dahulu semua bahan buah-buahan dan selada yang akan digunakan di dalam lemari es.
2. Siapkan wadah. Masukkan semua bahan dressingnya kecuali parutan keju cheddar. Campurkan dan aduk hingga rata.
3. Keluarkan buah-buahan dan selada yang sudah didinginkan dari dalam lemari es, masukkan ke dalam satu wadah yang sama. Kemudian aduk.
4. Siapkan wadah atau bisa tetap menggunakan wadah yang telah digunakan mencampur buah-buahan tersebut.
5. Jika menggunakan wadah lain, letakkan campuran buah-buahan di tengah tempat atau piring saji. Tuangkan saus atau campuran dressingnya. Kemudian, taburkan keju parut di atasnya.
6. Jika mencampurnya dalam wadah yang tadi digunakan, Anda juga bisa mencampur saus dressingnya hingga rata dengan buah-buahan tersebut sebelum kemudian disajikan di piring saji atau langsung di wadah tersebut dan taburi dengan keju parut.

Pilihan buah-buahannya bersifat opsional. Anda bisa menambahkan potongan buah kiwi, melon, buah naga, tomat ceri, semangka, dan masih banyak lagi buah-buahan sehat menyegarkan lainnya. Untuk dressing yang lebih efektif dalam menurunkan berat badan, Anda pun bisa menghilangkan pilihan keju parut tersebut. Anda bisa hanya menggunakan yogurt tanpa rasa atau plain dan susu kental manis saja sebagai bahan dressingnya. Kedua bahan dressing yang rasanya enak dan mengandung kalsium tinggi. Selada ditambahkan dalam pembuatan salad buah agar rasa salad tidak hanya segar tapi juga ada renyahnya dari selada tersebut. Oleh karena itu, untuk mendapatkan semua rasa dan sehatnya salad tersebut, sangat diharapkan Anda memperhatikan kualitas dan kesegaran dari bahan yang digunakannya. Selain salad buah, untuk diet menurunkan berat badan, grilled fish pun merupakan menu makan yang efektif dan sangat membantu diet Anda.

Resep Mudah Kroket Kentang Keju Ayam

Resep Mudah Kroket Kentang Keju Ayam

Resepanekajajanan.web.id – Tak hanya kebudayaan, makanan juga sangat kaya di Indonesia. Entah itu masakan besar atau camilan, semua ada. Tak hanya makanan, minuman juga sangat beragam macamnya di Indonesia. Salah satu jajanan yang sudah dikenal di Indonesia sejak dahulu kala adalah kroket kentang. Tak ayal resep kroket kentang ini selalu dipelajari dan dicari oleh semua orang.

Kroket sendiri adalah makanan yang memiliki isian di dalamnya, baik itu sayuran, daging, atau keduanya. Penganan satu ini sangat mudah ditemukan di jalanan, banyak penjual gorengan yang menjual penganan ini. Penggunaan kentang sendiri sangat banyak ditemukan di Indonesia. Kentang merupakan bahan masakan yang bisa diolah menjadi beragam jenis makanan, seperti perkedel, sambal goreng kentang dan juga jenis penganan lainnya. Untuk makanan ringan sendiri, kroket adalah andalannya. Banyak macam-macam kroket, salah satunya adalah kroket kentang keju, ini adalah variasi lain dari kroket tradisional yang berisi sayuran atau daging. Rasa gurih keju menyatu dengan rasa kentang. Ini mengangkat kembali pamor kroket sebagai penganan tradisional di tengah-tengah masyarakat.

Mungkin ada kalanya Anda ingin mencoba untuk membuat kroket Anda sendiri di rumah daripada jajan di luar yang kebersihannya belum pasti. Jika Anda tak tahu bagaimana cara membuatnya, maka tak perlu khawatir, pada ulasan kali ini, kita akan membahas cara membuat kroket kentang dengan mudah. Banyak situs lain yang memberikan resep yang tak sesuai dengan rasanya, namun tidak untuk kali ini. Kali ini Anda membaca situ dan resep yang benar. Tak hanya bahan-bahannya saja, namun Anda juga akan mengerti bagaimana cara membuatnya sekaligus bagaimana membuat kroket kentang yang gurih dan enak. Mungkin Anda saat ini sudah tak sabar untuk mencoba bagaimana membuat kroket kentang yang gurih dan enak. Berikut di bawah ini adalah cara membuat kroket kentang keju ayam. Simak dengan baik dan ikuti langkahnya secara benar, agar hasil yang didapatkan nantinya maksimal.

Bahan Utama:
– 2 sendok margarin / mentega
– ¼ bawang Bombay, cincang halus
– 50 gram ayam giling
– 4 sendok makan tepung terigu, jika memungkinkan, cari tepung terigu dengan protein rendah
– 150 ml susu cair
– 300 gram kentang yang sudah di kukus, lalu dihaluskan
– 1 sendok teh garam
– ¼ sendok teh merica bubuk
– ½ sendok teh pala bubuk
– Minyak untuk menggoreng

Bahan untuk Isian:
60 gram keju cheddar, potong panjang dengan ukuran ½ x ½ x 5 cm

Baca Juga : Resep Kulit Lumpia Enak Yang Mudah Dibuat

Bahan Pelapis:
– 2 putih telur, dikocok lepas
– 100 gram tepung panir kasar oranye

Setelah mengumpulkan bahan-bahan utama di atas, maka langkah selanjutnya adalah membuat kroket kentang. Ikuti dengan benar langkahnya di bawah ini:

1. Panaskan margarin, lalu masukan dan tumis bawang Bombay hingga harum.
2. Masukan ayam giling, lalu aduk hingga berubah warna
3. Tambahkan tepung terigu, aduk hingga berbutir, tuang susu cair sedikit, sembari di aduk hingga licin.
4. Masukan kentang yang sudah ditumbuk halus, garam, merica bubuk, dan pala bubuk, aduk rata, lalu angkat.
5. Ambil sedikit adonan, pipihkan isi dengan sepotong keju, lalu bentuk adonan lonjong kecil.
6. Gulingkan adonan ke tepung panir kasar oranye, lalu celupkan ke putih telur, gulingkan ke tepung panir kasar oranye.
7. Goreng adonan kroket dalam minyak goreng panas dengan api sedang dan biarkan matang hingga warna cokelat keemasan.
8. Setelah matang, angkat dan tiriskan, kroket kentang ayam keju siap untuk disajikan.

Tak membutuhkan waktu lama untuk membuat kroket kentang ayam keju seperti di atas. Dibandingkan harus membeli di pinggir jalan yang belum tentu terjaga kesehatannya, Anda bisa membuatnya sendiri untuk keluarga Anda di rumah. Rasa dan kualitasnya pun terjamin.Kroket ini bisa Anda makan langsung atau bisa juga dimakan sebagai pendamping nasi putih yang juga masih hangat. Bagaimana? Mudah bukan cara membuatnya? Bahkan untuk Anda yang belum pernah memasaknya pun bisa dengan mudah mempraktekkan sendiri resep kroket kentang ayam keju ini di rumah untuk Anda dan keluarga.