Putu Ayu Jalan Jalan

resepanekajajanan.web.id Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  resep membuat jajanan basah Indonesia yang menjadi idola dan populer dikalangan masyarakat Indonesia. Yaitu Putu Ayu

Jajanan ini masuk pada kategori kue basah yang termasuk juga dalam jajanan tradisional khas dari Indonesia.Putu ayu? Salah satu jenis kue basah yang satu ini tentunya Anda kenal? Atau mungkin Anda salah satu penggemarnya. Putu ayu merupakan jenis kue (kukus) yang berwarna hijau yang diatasnya terdapat taburan parutan kelapa. Kelezatan dan kenikmatan kue putu ayu memang sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Kue putu ayu digandrungi mulai dari anak-anak hingga orang tua. Cita rasa kue putu ayu yakni manis dan gurih sehingga digandrungi oleh banyak orang. Tampilan warna kue putu ayu memang identik dengan warna hijau, namun kini sudah banyak dikreasikan dengan berbagai macam warna.

Putu ayu dari campuran tepung beras. Lalu diberi dengan air daun suji sehingga menghasilkan warna yang hijau. Kemudian dikukus dan atasnya diberi parutan kelapa.

Bahan-Bahan Putu Ayu
Putu Ayu memang masih banyak dijumpai dijual di pasaran dengan rasanya yang beragam, tapi tidak ada salahnya kan jika sesekali mencoba membuatnya sendiri dengan resep yang akan dijelaskan. Bahan-bahan utama yang perlu disiapkan lebih dulu adalah:

250 gram tepung beras
25 ml air daun suji (30 lembar daun suji dan 3 lembar daun pandan)
150 gram gula merah, iris dengan halus
100 gram kelapa sedang, parut
½ sendok teh garam
Gula putih secukupnya

Cara Membuat Putu Ayu

Baca Juga : Sedapnya Klepon Ubi Ungu

Membuat resep jajanan pasar putu ayu ini juga bisa dibilang mudah, maka dari itu dapat simak cara pembuatannya, sebagai berikut:
pertama alasi dandang dengan kain bersih, kukus tepung beras selama 1 jam. Lalu angkatlah dan seduh bila telah mendidih, Ratakan dengan sendok kayu aduk sampai dapat dipegang dengan tangan.
Selanjutnya campurkan air daun suji, dan aduk dengan meremas-remas adonan sampai rata.
Kemudian campurkan adonan pada saringan kawat, pencet dan digosok-gosok dengan tangan sehingga adonan muncul dan berbentuk butiran, selanjutnya tambahkan kelapa parut dan garam secukupnya.
Setelah itu, bahan adonan pada cetakan tekan sampai setengahnya. Kemudian berikan kurang lebih sekitar 1-2 sendok teh, irisan gula batu atau pasir. Dan isi kembali menggunakan adonan tepung tadi. Tekan-tekan lagi sampai penuh, tetapi, tidak boleh terlalu padat.
Terakhir, kukuslah selama kurang lebih 25-30 menit sampai seluruhnya matang. Keluarkan dari cetakan dan kue putu ayu sudah siap di hidangkan.

http://www.daftarhewanmitos.web.id/ http://www.daftarnegaraterkuat.web.id/ http://www.jeniskopidunia.web.id/ https://www.duniamalamdimedan.web.id/ http://www.menumasakanindonesia.web.id/ https://www.daftarbankindonesia.web.id/ https://www.daftarrestoranindo.web.id/ https://www.daftarfaunaindonesia.web.id/ https://www.daftarfilmkorea.web.id/ https://www.daftarkulinerindonesia.web.id/ https://www.kulinernusantara.web.id/ https://www.tempatwisatadisumatera.web.id/ https://www.tempatwisatadiyogyakarta.web.id/ Poker88 IDNPlay